Selamat Datang di Blog RICO FERDIANSYAH : Ragam Kesehatan
Fakta, Data, dan Statistik Seputar Penyakit Jantung

Fakta, Data, dan Statistik Seputar Penyakit Jantung

Penyakit jantung mengacu pada berbagai kondisi yang mempengaruhi jantung— mulai dari kerusakan genetika hingga penyakit pembuluh darah. Kebanyakan penyakit jantung dapat dicegah melalui pilihan gaya hidup yang sehat, meskipun sebenarnya merupakan ancaman nomor satu di dunia. Lihat angka mengenai penyakit ini serta apa saja yang dapat Anda lakukan agar tidak termasuk ke dalam angka statistik tersebut.

Seberapa umum penyakit jantung?

Anda mungkin membayangkan seorang pria yang kelebihan berat badan dan berusia setengah baya memegangi dadanya ketika Anda berpikir tentang penyakit jantung. Namun, berdasarkan data yang ada bahwa gambar yang tidak menjelaskan keseluruhan cerita. Pada kenyataannya, penyakit jantung menjadi penyebab atas sebagian besar kematian di seluruh dunia baik bagi pria maupun wanita dari semua ras.

Orang berkulit putih serta keturunan Afrika paling rentan terhadap penyakit jantung, masing-masing kematian terhitung 24,3% dan 24,1%. Keturunan Asia serta Kepulauan Pasifik berada pada peringkat ketiga tertinggi terhadap risiko kematian terkait penyakit jantung, yakni 22,5%. Terhitung 20,8% kematian dalam kelompok Hispanik, dan 17,9% pada keturunan suku Indian Amerika dan Pribumi Alaska.

Jenis kelamin

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria dan wanita, dan wanita pun sama halnya seperti pria yang rentan terhadap serangan jantung.

Namun demikian, jumlah wanita yang meninggal akibat penyakit jantung lebih banyak ketimbang pria setiap tahunnya selama 30 tahun terakhir. Selain itu, perempuan memiliki peluang meninggal lebih besar dibandingkan pria setelah mengalami serangan jantung pertama.

Mengapa hal ini terjadi? Kemungkinannya adalah karena dokter salah mendiagnosis penyakit. Selain itu, kemungkinan wanita juga mengabaikan atau salah menafsirkan tanda-tanda serangan jantung, seperti:

  • Nyeri dada atau rasa tidak nyaman
  • Nyeri tubuh bagian atas atau ketidaknyamanan pada lengan, punggung, leher, rahang, atau perut bagian atas
  • Sesak napas
  • Mual, pusing, atau berkeringat dingin

Fakta di seluruh dunia

Lebih dari 80% kematian di dunia akibat penyakit jantung terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Lima negara teratas dengan tingkat kematian tertinggi akibat penyakit jantung yaitu:

  • Rusia
  • Bulgaria
  • Rumania
  • Hongaria
  • Argentina

Lima negara teratas dengan peringkat kematian terendah akibat penyakit jantung antara lain:

  • Prancis
  • Australia
  • Swiss
  • Jepang
  • Israel

Hal ini mungkin mengejutkan Anda, mengingat bahwa diet orang Prancis yang kaya akan susu, lemak, serta daging merah—faktor-faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Para ilmuwan tidak yakin mengapa orang-orang Prancis berada di bagian atas daftar jantung sehat, tetapi sebuah penelitian pada tahun 2005 menunjukkan bahwa asupan makanan berserat tinggi dapat membantu mengimbangi efek berbahaya.

Faktor risiko

Dengan memiliki satu faktor risiko terhadap penyakit jantung saja sudah akan melipatgandakan risiko terhadap penyakit jantung. Diperkirakan bahwa sekitar setengah dari seluruh orang dewasa setidaknya memiliki satu faktor risiko. Apakah Anda memiliki salah satu dari hal-hal berikut?

  • Tekanan darah tinggi: Sebanyak 75% penderita gagal jantung kronis memiliki tekanan darah tinggi. Dan setengah dari jumlah orang dewasa yang memiliki hipertensi tidak mengontrol tekanan darahnya.
  • Kolesterol tinggi: Mereka yang memiliki kolesterol tinggi lebih rentan 2 kali lipat untuk terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang memiliki kadar kolesterol normal.
  • Diabetes: Mereka yang memiliki diabetes 2 kali lipat lebih rentan terhadap penyakit jantung ketimbang orang yang tidak memiliki diabetes.
  • Depresi: Orang yang mengalami depresi memiliki peluang 25% hingga 40% untuk meninggal akibat penyakit jantung.
  • Obesitas: Penyakit arteri koroner meningkat 10 kali lipat pada orang yang mengalami obesitas. Obesitas artinya bahwa indeks massa tubuh (BMI) berada pada angka 30 ke atas. 20% anak-anak di atas usia 5 tahun dan 35% orang dewasa mengalami obesitas.

Beberapa kebiasaan juga dapat meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit jantung, yang meliputi:

  • Merokok: Perokok memiliki peluang 2 hingga 4 kali lipat untuk terkena penyakit jantung.
  • Diet yang buruk: Orang yang sering mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh memiliki peluang sebesar 30% untuk mengembangkan penyakit jantung.
  • Jarang berolahraga: Mereka yang jarang atau tidak berolahraga memiliki peluang sebesar 50% terkena penyakit jantung.
  • Minum alkohol berlebihan: Mereka yang sering minum minuman keras berisiko 2 kali lipat terhadap serangan jantung fatal.

Pencegahan

Kabar baiknya adalah bahwa  dengan mengendalikan faktor risiko tersebut di atas dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke hingga 80% lebih. Ikuti 6 tips sederhana berikut untuk memelihara jantung Anda tetap berdetak.

  • Jangan minum lebih dari 1 atau 2 minuman per hari untuk pria, dan satu minuman per hari untuk wanita. Satu minuman setara dengan 12 ons bir (per botol), 4 ons anggur (takaran gelas), dan 1,5 ons spirit (suntikan).
  • Konsumsilah makanan yang rendah lemak, kolesterol, garam, dan gula, serta tingkatkan buah-buahan segar dan sayuran, biji-bijian, asam lemak omega 3, dan juga dark chocolate.
  • Berolahraga dengan intensitas sedang. Setidaknya 30 menit sehari, 5 hari dalam seminggu.
  • Batasi stres. Cobalah bermeditasi, mengeluarkan rasa humor, menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai, tidur yang cukup, dan berkonsultasilah jika Anda membutuhkannya.
  • Berhentilah merokok sekarang, tidak ada alasan untuk tidak berhenti merokok.
  • Selau pantau tekanan darah, kolesterol, diabetes, dan berat badan Anda.

 










Selamat Datang di Blog RICO FERDIANSYAH : Ragam Kesehatan Lainnya
Sudah Capek-Capek Olahraga Tetap Saja gendut
Sudah Capek-Capek Olahraga Tetap Saja gendut
Selasa, 22 Maret 2016 16:52 WIB
Merasa sudah rutin berolahraga bukan berarti Anda boleh makan sembarangan setelahnya, karena dapat membuat Anda gendut kembali. Tetap jaga pola makan supaya waktu dan tenaga yang Anda gunakan untuk berolahraga tidak jadi sia-sia.
Keringat Dingin
Keringat Dingin
Rabu, 16 Maret 2016 16:53 WIB
Kepanikan, tegang dan stres adalah beberapa faktor psikis yang dapat memicu munculnya keringat dingin. Namun lebih jauh, ternyata keringat dingin juga dapat menandakan gangguan kesehatan yang kemungkinan dapat memicu kondisi yang cukup berbahaya sehingga penderitanya harus segera mendapat pertolongan.
CUCI KAKI
CUCI KAKI
Rabu, 16 Maret 2016 16:00 WIB
Luka kecil pada kaki penderita diabetes bisa saja menjadi petaka bagi penderita.
Gangguan Persendian
Gangguan Persendian
Selasa, 22 Maret 2016 15:49 WIB
Saat Anda bertambah tua, tulang rawan menjadi lebih keras, lebih rapuh, dan lebih mudah rusak
Rekomendasi Produk
Jantung Koroner (Tekanan Darah Rendah
Paket Sehat Jantung Koroner yang mempunyai tekanan darah rendah produk yang disarankan Mistica, Spirulina dan Calcium Mag. Produk dietary suplement / suplemen makanan digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan regenerasi sel-sel serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga diharapkan tubuh dapat memperbaiki gangguan kesehatan sendiri. Penggunaan suplemen makanan bukan sebagai obat atau menggantikan pengobatan, tetapi mendukung pengobatan medis yang sudah diberikan. Jarak antara produk suplemen makanan dengan obat medis adalah +-1.5 jam sebelum atau sesudah obat medis. Info detail dapat menghubungi konsultan detox di bawah ini

Rp 1.227.200
Rp 1.227.200




Perlu Bantuan?

Hai, Saya RICO FERDIANSYAH Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? atau andamembutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya melalui Handphone 081372502250 atau melalui:.

Hubungi Saya